Kamis, 20 September 2012

Silabus Bahasa Inggris Kelas VI (Enam)




SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI (Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
1.        Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas 


Contoh:

Kaset/CD: Listen and and circle the correct answer.

Siswa: (melingkari jawaban yang benar berdasarkan apa yang didengar)

Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja




Responding




Listen and circle the correct answer. 
Kaset/CD: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari)


2 x 35 menit


·  Rekaman kaset/CD
· Buku teks



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan






Contoh:

Kaset/CD: Listen and fill in the crossword.

Siswa: (mengisi crossword berdasarkan informasi yang didengar)



Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterim

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja







Responding







Listen and fill in the crossword. 
Kaset/CD: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud)


2 x 35 menit


·  Rekaman kaset/CD
· Buku teks



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar






Contoh:

Kaset/CD: Listen and circle.

Siswa: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar)


Siswa mendengarkan kaset/CD untuk melingkari nama-nama minuman

Memahami cerita lisan dengan bantuan gambar


Unjuk kerja




Responding



Listen and circle. 
Kaset/CD: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar)

2 x 35 menit


·  Rekaman kaset/CD
· Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

 

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI (Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
Contoh:

A: What can we do on the beach?
B: We can play with the sand and pebbles.






§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi contoh melakukan sesuatu
§ Memberi aba-aba
§ Memberi petunjuk

Tes lisan







Pertanyaan









Answer the questions orally!




4 x 35 menit
·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: What do you need?                                                                                                                                                                                                     
B: I need potatoes.

A: What do you like to drink for breakfast?
B: A glass of orange juice.






§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Memberi bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan



Contoh:

A: I like collecting stamps.

B: How many apples do you have?
C: I have three apples.

D: What do you think about my new dress?
E: It’s nice. It suits you. 


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Mengingatkan
§ Menyatakan suka/tidak suka
§ Menanyakan jumlah
§ Menanyakan jumlah
§ Menanyakan keadaan
§ Memberi komentar
§ Memberi pendapat
§ Mengusulkan

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I ....


Contoh:

A: May I help you?
B: I need spinach.

A: Would you please tell me where the post office is?
B: Go north and turn left. You won’t miss it.




§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
§ Would you please...
§ May I ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI (Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek  dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.   Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima







Ucapan, tekanan, dan intonasi teks  yang dipelajari













§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
§  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

§ Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar





§ Tes unjuk kerja



§ Observasi

§ Uji petik membaca nyaring


§ Lembar observasi


Read the sentences aloud.


Read the monologues loudly and carefully.


2 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga






               




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2.   Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


§ Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit


Buku teks


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

 

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI(Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.   Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima


Teks fungsional pendek sangat sederhana



Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana


Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana


Tes tulis




Menulis teks fungsional pendek


Complete the dialogues based on the pictures.


4 x 35 menit




·   Buku teks
·   Alat peraga



4.2.   Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima


Kartu ucapan sangat sederhana


Menulis kartu ucapan sangat sederhana



Menulis kartu ucapan sangat sederhana 


Tes tulis


Menulis kartu ucapan sangat sederhana 


Write a greeting card to your friend.


4 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar